April 2019
M T W T F S S
« Jan    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Iklan Layanan Masyarakat

KPU Balangan Laksanakan Simulasi Pemungutan Perhitungan Suara

  • Reporter:
  • Senin, 15 April 2019 | 00:37
  • Dibaca : 86 kali

PARINGIN – Guna memberi pemahaman kepada petugas KPPS, KPU Kabupaten Balangan melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilihan umum, pada Sabtu (13/4/2019) pagi di Halaman Kantor Bupati, Kabupaten Balangan.

Kegiatan simulasi ini dihadiri oleh Bupati Balangan H Ansharuddin, Ketua DPRD Balangan H Abdul Hadi, Ketua KPU Provinsi Kalsel, unsur Forkopimda, Kepala Kemenag Balangan, Ketua Bawaslu, dan Ketua PPK, serta Simpatisan petugas KPPS dari setiap Kecamatan se Kabupaten Balangan.

Ketua KPU Balangan, Saripani mengatakan, simulasi yang pihaknya adakan ini adalah bagian dari kesiapan KPU Balangan sebagai penyelenggara Pemilu legislatif dan Pilpres 17 April 2019 besok.

“Kami berkomitmen akan melayani masyarakat yang memiliki hak untuk memilih, dan juga kami pastikan bahwa KPU khususnya di Kabupaten Balangan netral, yang akan bekerja secara profesional, sesuai dengan apa yang diamanatkan oleh UU,” ujarnya.

Ia menambahkan, di sisi lain, dengan adanya simulasi, bisa mendeteksi potensi yang akan terjadi di Tempat Pemungutan Suara (TPS), sehingga bisa diantisipasi sejak dini. Termasuk, bila ada beberapa kekurangan, dapat segera diperbaiki.

Dalam simulasi, tempat pemungutan suara (TPS) dirancang menyerupai seperti kondisi aslinya pada saat pemilihan umum.

Simpatisan petugas KPPS dari setiap kecamatan di Kabupaten Balangan dihadirkan, sebagai warga pemilih untuk melaksanakan simulasi pencoblosan.

Mereka mengerjakan setiap tugas yang telah ditentukan masing-masing, dari menerima warga hingga mempersilahkan pemilih untuk mencoblos, memasukkan surat suara ke dalam kotak suara dan mencelupkan tinta, setelah selesai mencoblos.

Simulasi dilakukan seolah-olah berada di TPS dengan lima kotak suara untuk lima jenis surat suara, mulai dari calon presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD Provinsi, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Bupati Balangan, Ansharuddin dalam sambutannya mengungkapkan, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, meminta kepada para petugas yang telah dipercaya, agar mengikuti kegiatan simulasi ini dengan cermat, dengan saksama, agar dapat menyerap setiap pengetahuan dalam menjalankan tugas dan amanat yang di emban sebagai petugas dalam Pemilu ini.

“Saya menekankan agar ingatlah selalu apa yang kami sampaikan, bahwa nasib bangsa ini sedikit banyak ada di tangan saudara, saudara dipercaya untuk mengemban amanah yang sangat berat, dan sangat menentukan nasib bangsa kita,” tuturnya. (*)

  • Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Balangan © 2017 All rights reserved.