December 2017
M T W T F S S
« Sep    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Iklan Layanan Masyarakat

Peresmian Rumah Pintar Pemilu (RPP) “Benteng Tundakan” Kabupaten Balangan. Bupati Balangan Siap Anggarkan Pembangunan Rumah Pintar Pemilu di Tiap Kecamatan

  • Reporter:
  • Senin, 8 Mei 2017 | 05:56
  • Dibaca : 254 kali

IMG-20170427-WA0020

Paringin – Bupati Balangan H Ansharuddin meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) “Benteng Tundakan” Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Balangan di Kantor KPU kabupaten Balangan, Kamis (27/4) kemarin.
Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Balangan, Kapolres Balangan, Wakil Ketua DPRD Balangan, Dandim 1001 Amuntai/Balangan yang diwakili oleh Danramil Paringin, Ketua KPU Prov. Kalsel, para Kepala SOPD Kab. Balangan, KPU Kab/Kota Se Kalimantan Selatan, Ketua MUI Balangan, perwakilan seluruh DPC partai politik yang ada di Kab. Balangan, perwakilan PT. Adaro Indonesia, KNPI Balangan, para Ulama, Tokoh Agama dan tokoh Masyarakat, serta perwakilan siswa/siswi SMU se Kabupaten Balangan.
Ketua KPUD Balangan H Usman dalam sambutannya mengatakan Rumah Pintar Pemilu merupakan program dari KPU RI dan telah dilaksanakan sejak Tahun 2015. Dan Tahun 2017 ini KPU Kabupaten Balangan ditunjuk sebagai Pilot Project di Kalimantan Selatan beserta Kota Banjabaru, Kota Banjarmasin dan Kabupaten Batola
“Kami merasa bangga mendapat kepercayaan dari KPU RI” ungkap Usman. Usman mengatakan siapa saja boleh datang ketempat tersebut untuk belajar bagaimana perkembangan demokrasi dan pemilu di Indonesia. Fasilitas ini diarahkan untuk edukasi politik dan pemilu pada masyarakat Balangan.
Sementara, Ketua KPU Propinsi Kalimantan Selatan DR Samahuddin Muharram, M.Si berharap setelah rumah pintar ini diresmikan akan banyak sekali informasi yang didapatkan masyarakat Balangan karena dengan adanya RPP ini masyarakat di Balangan akan terbantu karena transparansi informasi bisa didapat secara langsung dengan datang ke RPP.
Bupati Balangan Drs. H. Ansharuddin, M.Si mengucapkan terima kasih atas terpilihnya Kab. Balangan Sebagai Pilot Project ini, “Atas nama pemerintah dan masyarakat Kab. Balangan mengucapkan terima kasih dan apresiasi sebesar besarnya terhadap KPU Republik Indonesia sehingga Kab. Balangan dapat terpilih sebagai salah satu pilot project RPP tersebut
“Pemerintah mendukung dan memfasilitasi terbukanya kesempatan untuk melakukan sosialisasi terkait pemilu dan demokrasi. Tingkat partisipasi pemilih dalam pemilu selalu bergerak fluktuatif. Melalui sarana ini pasti ada pencerahan untuk warga untuk sadar memberikan hak suaranya dalam pemilu,” tuturnya.
Dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara KPU Kabupaten Balangan dengan Pemerintah Kabupaten Balangan yang tentang pembuatan RPP di tiap kecamatan yang ada di Kabupaten Balangan disaksikan oleh Ketua KPU Provinsi Kalimantan Selatan DR. Samahuddin Muharram, M.Si dan Unsur Forkompinda Balangan,
Tujuan Nota Kesepahaman ini adalah untuk menindaklanjuti keberadaan RPP yang tak hanya ada di Kabupaten, tetapi juga akan hadir di wilayah Kecamatan. Bupati Balangan, H Ansharuddin mengatakan, mendukung penuh dengan Nota Kesepahaman yang dilakukan. Artinya, KPU melalui Rumah Pintar akan lebih leluasa dalam menyosialisasikan pemahaman pemilu kepada masyatakat.
“Kami sangat mendukung sekali dengan keberadaan rumah pintar pemilu di tingkat kecamatan. Kami akan anggarkan di (APBD) perubahan untuk mendukung program ini,” katanya. (HRL)

Komentar
  • Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Balangan © 2017 All rights reserved.