September 2017
M T W T F S S
« Aug    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Iklan Layanan Masyarakat

Jelang Pemilu Tahun 2019. KPU Kabupaten Balangan Sasar Pemilih Pemula dan Sosialisasikan Rumah Pintar Pemilu “Benteng Tundakan”.

  • Reporter:
  • Selasa, 12 September 2017 | 01:37
  • Dibaca : 15 kali

Paringin – Sebanyak 30 ( tiga puluh) siswa siswi Sekolah Menengah Atas / sederajat yang terdiri dari SMAN 1 Paringin, SMAN 2 Paringin dan MAN layap – Paringin berkunjung ke Kantor KPU Kabupaten Balangan, untuk belajar tentang kepemiluan di Rumah Pintar Pemilu “Benteng Tundakan”, Senin (11/9/2017). Selain berkunjung siswa siswi ini juga diberikan sosialisi Ke Pemiluan oleh Komisioner KPU Kabupaten Balangan.

Dalam sambutannya ketua KPU Kabupaten Balangan, H. Usman M mengatakan bahwa Pemilih Pemula perannya sangat besar dan engenalan proses pemilu sangat penting untuk dilakukan kepada pemilih pemula terutama mereka yang baru berusia 17 tahun. KPU dibantu dengan pihak terkait lainnya harus mampu memberikan kesan awal yang baik tentang pentingnya suara mereka dalam Pemilu, bahwa suara mereka dapat menentukan pemerintahan selanjutnya dan meningkatkan kesejahteraan hidup bangsa. Semoga dengan adanya sosialisai ini pemahaman yang baik itu diharapkan dapat menjadi motivasi untuk terus menjadi pemilih yang cerdas. Pemilu adalah saran perwujudan Kedaulatan Rakyat yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil untuk mengahasilkan pemimpin/wakil rakyat yang aspiratif, berkualitas dan bertanggung jawab maka diharapkan pemilih pemula dapat berperan aktif dalam menghadapi Pemilu tahun 2018 nanti, ungkap beliau.
Adapun materi sosialisasi yang disampaikan oleh Komisioner KPU kabupaten Balangan adalah pengenalan sistem Pemilu, manfaat dan arti penting Pemilu dan tahapan Pemilu. Materi disampaikan secara interaktif diselingi dengan permainan agar siswa siswi tidak merasa bosan dan bagi siswa siswi yang dapat menjawab pertanyaan dari narasumber diberikan bingkisan / souvenir dari KPU Kabupaten Balangan.

Setelah materi selesai disampaikan, para siswa selanjutnya berkunjung ke dalam Rumah Pintar Pemilu “benteng Tundakan”. Di RPP ini disediakan informasi mengenai sejarah Pemilu dari masa ke masa, profil penyelenggara Pemilu, tahapan penyelenggaraan pemilu dan maket / miniature tempat pemungutan suara (TPS).

Komentar
  • Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Balangan © 2017 All rights reserved.